4 Tips Mengembangkan Bisnis Kerajinan Tanah Liat Modern

4 Tips Mengembangkan Bisnis Kerajinan Tanah Liat Modern

Dewasa ini, memiliki bakat membuat kerajinan tanah liat sangat mudah untuk dijadikan bisnis dan dikembangkan lebih luas. Hal tersebut karena semakin banyak orang yang mulai menganggap bahwa karya kerajinan tangan, khususnya terbuat dari tanah liat adalah suatu seni yang bernilai mewah dan mahal.

Bagi kamu yang sudah memiliki bisnis kerajinan tanah liat dan ingin dikembangkan agar lebih optimal lagi keuntungannya, yuk manfaatkan pinjaman bunga rendah! Namun sebelum membahas hal tersebut, sebaiknya kamu wajib tahu tips-tips mengembangkan bisnis kerajinan tanah liat berikut in!

Tips Kembangkan Bisnis Kerajinan Tanah Liat

Bisnis kerajinan tanah liat terus berkembang seiring minat masyarakat Indonesia. Biasanya, mungkin kamu sering melihat pembeli kerajinan tanah liat hanya turis-turis mancanegara saja. Namun, sekarang semuanya telah berangsur berubah, yang mana masyarakat lokal juga mengapresiasi segala bentuk kerajinan tanah liat. 

Perlu kamu ketahui, beberapa jenis kerajinan tanah liat yang paling umum diburu adalah peralatan atau perabot rumah tangga. Contohnya seperti piring, gelas, vas bunga, guci, gerabah hiasan dan lain-lain. Nah, hal ini dapat kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis kerajinan dan jangan lupa pula untuk mengikuti tips-tips berikut ini:

  • Buat Rencana Anggaran

Tips pertama dan yang utama adalah membuat rencana anggaran atau budgeting. Aspek satu ini tidak boleh kamu lewatkan dan wajib diperhitungkan secara matang. Terlebih jika kamu disarankan untuk tidak mengganggu keuangan operasional bisnis sebelumnya.

Untuk mempersiapkan anggaran mengembangkan bisnis kerajinan tanah liat, kamu dapat memanfaatkan KTA kilat yang cicilannya tidak memberatkan. Jika budgeting kamu sudah matang dan siap, saatnya kamu menentukan berbagai aspek bisnis lainnya.

  • Jeli Melihat Tren Pasar

Mengembangkan bisnis pada bidang kerajinan atau seni berarti wajib jeli melihat tren pasar. Hal ini bermanfaat agar kamu dapat memanfaatkan peluang yang ada. Selain itu, adanya riset dan analisis pasar akan membuat kamu lebih progresif menghasilkan kerajinan gerabah yang inovatif.

Misalnya, tren pasar saat ini sedang ramai kerajinan tanah liat aksesoris rumah tangga, seperti piring yang bermotif bunga sakura dan minimalis. Nah, hal ini dapat kamu manfaatkan untuk membuat kerajinan tanah liat dengan motif yang sama namun ditambah dengan inovasi khas darimu.

Tips ketiga adalah mengenali produk tanah liat populer, yang mana merupakan keberlanjutan dari hasil riset dan analisa tren pasar. Kamu juga perlu mengetahui produk-produk gerabah yang sedang populer. Hal ini bertujuan agar perkembangan bisnis kamu tetap dapat bersaing dan memiliki peluang menjadi trendsetter.

Dengan mengenal produk populer, kamu bisa mengembangkan berbagai hal. Misalnya, memproduksi alat-alat kebutuhan rumah tangga, aksesoris unik yang dapat dijual kepada turis internasional maupun domestik, serta produk pajangan rumah yang aesthetic.

  • Eksplorasi Kreativitas

Last but not least adalah terus mengeksplorasi kreativitas kamu sebagai pengrajin dan pebisnis kerajinan tanah liat. Tidak hanya mengandalkan pinjaman bunga rendah, aspek satu ini yang benar-benar dibutuhkan jika kamu berencana untuk mengembangkan bisnis pada bidang kerajinan.

Kreativitas ini dapat kamu eksplorasi dari berbagai macam aktivitas, seperti bergabung dan berkomunikasi dengan pengrajin lainnya, mengikuti kelas kerajinan yang berbeda daripada sebelumnya dan sebagainya. Satu hal penting adalah jangan sampai kreativitasmu statis dan tidak berkembang.

3 Alasan Bisnis Kerajinan Tanah Liat Jadi Bisnis Menjanjikan

3 Alasan Bisnis Kerajinan Tanah Liat Jadi Bisnis Menjanjikan

Mengembangkan bisnis kerajinan tanah liat memang perlu pertimbangan yang matang dari aspek perencanaan keuangan, tren pasar dan kualitas. Maka sebaiknya kamu dapat menguasai aspek-aspek tersebut. Berikut ini alasan mengapa bisnis kerajinan dapat menjadi bisnis yang menjanjikan:

  • Tren Kesenian Semakin Meningkat

Pertama, karena tren kesenian semakin meningkat seiring berjalannya waktu. Jika barang-barang hasil seni biasanya berkaitan erat dengan kalangan elit dan mahal, tapi sekarang barang-barang tersebut sudah lebih banyak menyentuh pasar menengah. Hal inilah yang membuat keberadaan pasar semakin luas. 

  • Cocok Untuk Masyarakat Modern

Masyarakat modern lebih menghargai hasil karya seni, yang mana hal ini dapat menjadi alasan kamu untuk dapat mengembangkan bisnis kerajinan tanah liat. Selain itu, keinginan masyarakat modern akan produk-produk berkualitas juga menjadikan kerajinan tanah liat sebagai pilihannya.

  • Perkembangan Kreativitas Terus Meningkat

Alasan terakhir adalah karena perkembangan kreativitas semakin meningkat dari hari ke hari. Hal ini yang membuat banyak sekali pengrajin tanah liat yang terus berkembang. Maka dari itu, kembangkan terus kreativitas kamu sebagai pengrajin tanah liat agar bisnis terus berkembang dan hasil karyamu tidak sia-sia begitu saja.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kamu dapat mengembangkan bisnis di bidang apapun dengan pinjaman bunga rendah terbaik. Seperti salah satunya adalah mengembangkan bisnis kerajinan tanah liat yang saat ini semakin menjanjikan. Sehingga kamu juga tidak perlu bingung untuk mencari sumber budgeting untuk meningkatkan peluang bisnis. 

Salah satu produk pinjaman terbaik yang dapat kamu andalkan adalah digibank KTA. Dengan produk pinjaman ini, kamu bisa memperoleh limit pinjaman hingga Rp200 juta dengan approval 60 detik. Selain itu, tenor cicilan hingga 36 bulan dan kamu bisa apply tanpa perlu melampirkan dokumen fisik.

Oleh karena itu, ajukan pinjaman bunga rendah kamu kepada digibank KTA. Dijamin bisnis kerajinan tanah liat kamu akan semakin berkembang dan mendapatkan keuntungan yang optimal. Untuk informasi lengkap dan cara pengajuannya, klik di sini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You might also like